Cara Menambahkan Video Bertipe AVI Dalam Halaman Web

Update terakhir pada

Halo sobat Webhozz berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan  membagikan artikel mengenai bagaimana caranya untuk memainkan video bertipe avi dalam halaman web? Langsung aja yuk kita ke pembahasannya.

Salah satu plugin yang bisa dipakai memainkan file bertipe seperti AVI yaitu jQuery Media Plugin. Plugin ini tidak hanya bisa dipakai untuk memainkan file video (asx, asf, avi, flv, mov, mpg, mpeg, mp4, qt, ra, smil, swf, wmv, 3g2, 3gp), tetapi juga bisa digunakan untuk memainkan file suara (audio) seperti mp3, rm, dan au. Selain itu juga bisa dipakai untuk menampilkan dokumen PDF.

Plugin ini bisa diunduh di https://github.com/malsup/media. File unduhan bernama jquery.media.js bisa kalian letakkan pada folder js di bawah root directory milik web server. Sebagai tambahan, file bernama jquery.metada.js juga diperlukan. File ini bisa diperoleh melalui http://jquery.malsup.com/jquery.metaata.js. Selanjutnya, file ini diletakkan pada folder js. Persiapan lain jika kalian akan menggunakan Media Plugin, unduhlah file bernama mediaplayer.swfdari situs http://code.google.com/p/youplayer/downloads/detail?name=mediaplayer.swf. Letakkan file ini pada root directory milik web server. File ini digunakan untuk membaca file bertipe MP3.

Selain itu, di sisi klien perlu diinstalkan software berikut :

  • Quicktime Player kalau file yang akan dimainkan bertipe aif, aiff, aac, au, bmp, gsm, mov, mid, midi, mpg, mpeg, mp4, m4a, psd, qt, qtif, qif, snd, tif, tiff, wav, 3g2, 3pg.
  • Real player kalau file yang dilibatkan bertipe ra, ram, rm, rpm, rv, smi, smil.
  • Windows Media Firefox Plugin kalau menggunakan firefox.

Sekarang cobalah untuk mencoba dokumen berikut :

Contoh di atas digunakan menampilkan file bertipe AVI bernama deift.avi yang diletakkan pada folder media. Penentuan file ini dilakukan melalui kode HTML.

Perhatikan keberadaan kelas “media” (nama kelas ini bebas> pada elemen a.

Penyertaan plugin dilakukan melalui:

<script type=”text/javascript”  src=”js/jquery.metada.js”></script>

<script type=”text/javascript”  src=”js/jquery.media.js”></script>

Selanjutnya, pemanggilan media() dilakukan melalui:

Kode di atas menyatakan bahwa a yang berkelas “media” sebagai media untuk menangani YouTube. Dalam hal ini:

  • autoplay diisi dengan true yang menyatakan bahwa file segera diproses begitu halaman web dipanggil.
  • width digunakan untuk menentukan lebar player.
  • height dipakai untuk menentukan tinggi player.

Nah itulah pembahasan singkat Bagaimana caranya untuk memainkan video bertipe avi dalam halaman web, semoga pembahasan artikel ini dapat membantu sobat Webhozz dalam mempelajari jQuery dan dapat menambah pengetahuan sobat Webhozz semuanya. Sampai berjumpa lagi pada pembahasan artikel-artikel lainnya yang tentunya lebih menarik lagi.

Sumber : https://www.webhozz.com/blog/cara-menambahkan-video-bertipe-avi-dalam-halaman-web/

webhozz